Search

Timnas Irlandia Akan Pakai Taktik Leicester City di Euro 2016

7upcash.net – Leicester City menjadi tim paling mengejutkan seantero Eropa musim ini. Mereka mampu tampil dominan, dan berpeluang menjadi jawara Premier League musim ini, mengangkangi tim mapan seperti Arsenal, Manchester City ataupun Manchester United.

Faktor prestasi The Foxes itulah yang memberi inspirasi Timnas Irlandia, dan akan dibawa ke putaran final Euro 2016. Pelatih Irlandia, Martin O’Neill menilai, kondisi Leicester City sama dengan mereka, yakni tak diunggulkan dengan komposisi pemain yang tergolong biasa saja.

“Ramuan Claudio Ranieri sangat luar biasa, dan mampu menempatkan orang sesuai kemampuan maksimal. Itu pula yang akan kami lakukan di Prancis 2016. Tim ini boleh saja kurang berpengalaman di level Piala Eropa, tapi tidak dengan semangat tinggi,” ujar O’Neill, seperti dirilis Independent.ie, Jumat (18/3/2016).

Harapan O’Neill mendapat sokongan pendapat dari legenda timnas Prancis dan Arsenal, Emmanuel Petit. Ia menegaskan, Irlandia punya segalanya untuk meniru langkah Leicester City di turnamen antarnegara se-Eropa tersebut.

“Jika Leicester City termasuk ‘kosong’, tidak dengan Irlandia. Tim ini memiliki kemampuan individu yang bagus, meski tidak semuanya berkualitas tinggi. Jika mereka bermain dengan semangat tinggi, plus tak lelah menciptakan kreasi, saya pikir mereka akan mengejutkan,” beber Petit.

Pria berusia 45 tahun ini percaya Irlandia akan bermain solid untuk mempertahankan kesempatan menciptakan sejarah. Sepanjang perjalanan Piala Eropa, Irlandia baru mengikuti dua ajang, yakni Piala Eropa 1988 dan Euro 2012. Kedua kesempatan tersebut berakhir di fase grup.

“Kunci utama mereka ada di partai pertama kontra Swedia. Jika bisa menuai kemenangan, atau minimal seri, langkah selanjutnya bisa mengejutkan. Irlandia bisa mengurangi rentang dengan tim raksasa berkat soliditas dan kolektivitas,” kata Petit.

Irlandia berada di kelompok neraka, yakni grup E bersama Belgia, Italia dan Swedia. Kapten Irlandia, Robbie Keane percaya, meski mereka dijepit tiga kekuatan Eropa, kans untuk mendapatkan hasil mengejutkan tetap terbuka.

“Tim akan berjuang keras, dan kami harus memanfaatkan kesempatan uji coba untuk melihat seberapa kuat kami di Prancis nanti,” tegas Keane. Irlandia bertumpu pada pengalaman Robbie Keane, John O’Shea, Seamus Coleman, Aiden McGeady, Glenn Whelan, James McCarthy, James McClean, Darron Gibson dan Shane Long.