Search

Sekilas Sejarah dan Apa Itu Sepak Bola?

Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan sepak bola. Akan tetapi, apakah kalian tahu, apa arti sebenarnya dari sepak bola? Pasti kebanyakan dari kalian belum mengetahuinya, bukan?

Sepak bola ini berasal dari dua kata, yakni sepak (menendang) dan bola (alat permainan dengan bentuk bulat). Jika artikan keduanya akan menjadi menendang bola, dan yang pasti menggunakan kaki.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Sepak bola merupakan suatu permainan yang dilakukan oleh beberapa pemain, guna memasukan bola tersebut ke dalam gawang lawan.

Sepak bola ini adalah jenis permainan yang dilakukan dalam bentuk regu. Setiap regu diharuskan memiliki 11 pemain (termasuk penjaga gawang) dan beberapa pemain sebagai cadangan. Permainan ini sangat membutuhkan keterampilan gerak kaki, sedangkan untuk penjaga gawang, diharuskan memiliki ketangkasan dan tingkat kewaspadaan yang sangat tinggi.

Penjaga gawang ini memiliki pengecualian tertentu, yakni selain menendang bola penjaga gawang juga dapat memegang bola tersebut. Akan tetapi, jika penjaga gawang keluar dari area yang telah ditentukan, maka ia tidak diperbolehkan memegang bola sama sekali.

Sepak bola ini dilakukan dalam dua babak, dan pada tiap babak tersebut diberikan waktu 45 menit. Untuk waktu istirahat akan diberikan 10 menit. Kemudian, salah satu regu akan dianggap menang jika mencetak gol sebanyak mungkin kepada gawang lawan.

Sekilas Sejarah dari Sepak Bola

Sepak bola ini berawal dari zaman Romawi kuno, Cina dan Yunani. Menurut sejarah yang ditelusuri, bahwasanya dari peradaban tersebutlah sejarah sepak bola dimulai. Permainan bola ini dilakukan dengan menggiring bola oleh seorang pemain menuju sasaran tertentu.

Kemudian, pada abad pertengahan sepak bola mulai dimainkan dengan jumlah pemain yang tidak terbatas sama sekali. Pada saat itu, bola yang digunakan terbuat dari kulit binatang. Bahkan, ‘katanya’ terbuat juga dari usus binatang.

Pada abad ke-20, sepak bola mulai memiliki peraturan-peraturan yang secara resmi diciptakan pada permainan tersebut agar para masyarakat di seluruh dunia dapat menikmati keseruannya.

Setelah itu, era sepak bola modern pun tiba. Era tersebut pertama kali dimulai di Inggris, ditandai dengan berdirinya suatu organisasi bernama Football Association melalui pertemuan 11 wakil dari perkumpulan sepak bola (Freemason Association Freemason’s Tavern).

Pada pertemuan tersebut ditetapkanlah pertaruan tunggal pemain sepak bola. Kemudian, peraturan tersebut mulai diikuti oleh asosiasi sepak bola Wales, Scotlandia dan Irlandia. Selanjutnya, dibentuklah sebuah organisasi bernama International Football Association Board (IFAB).

Apa kalian sekarang sudah tahu, “Apa itu Sepak Bola?” Jadi, ada baiknya kalian bagikan info ini agar semua orang mengetahui yang dimaksud dengan sepak bola.