Search

Petr Cech dan Gareth Barry Tercatat di Buku Rekor Dunia, Guinness World Record.

Pencapaian bagus tidak akan mudah dilupakan begitu saja. Malah, dalam cerita Petr Cech dan Gareth Barry, pencapaian mereka masuk buku rekor dunia, Guinness World Record.

Pertama kali dipublikasikan pada 1955, buku Guinness World Records sudah terjual lebih dari 136 juta eksemplar. Seri teranyar, Guinness World Records 2017, baru saja diterbitkan. Pencapaian Cech dan Barry masuk di dalamnya.

Untuk Cech, rekornya tidak jauh-jauh dari pekerjaannya sebagai penjaga gawang, yakni perihal jumlah clean sheet alias berapa kali gawangnya tidak kebobolan. Pada 28 Desember 2015, Cech menorehkan catatan 174 clean sheet di Premier League, yang mana menjadikannya sebagai peraih clean sheet terbanyak di kompetisi level teratas Inggris itu.

Dengan 174 clean sheet itu, Cech melewati pencapaian eks kiper tim nasional Inggris, David James.

Bagaimana dengan pencapaian Gareth Barry? Gelandang Everton tersebut menorehkan rekor sebagai pemain dengan status starter terbanyak. Bermain sejak usia 17 tahun bersama Aston Villa, Barry –kini berusia 35 tahun– tercatat sudah 580 kali menjadi starter.

Sama seperti Cech, Barry juga mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh James. Sebelumnya, James memegang rekor starter terbanyak dengan angka 571.

Seperti dilansir oleh Sky Sports, Barry baru-baru ini juga masuk ‘klub 600’ yang berisi pemain-pemain dengan jumlah penampilan 600 atau lebih di Premier League. Hanya ada tiga pemain dalam ‘klub 600’ tersebut: Barry (602 penampilan), Frank Lampard (609), dan Ryan Giggs (632).

Barry sudah bermain untuk tiga klub di Premier League, yakni Villa, Manchester City, dan Everton. Di antara ketiga klub itu, jumlah penampilan terbanyaknya di Premier League dibuat bersama Villa, di mana ia bermain sebanyak 365 kali.