Search

Mesut Ozil Jadi Harapan Juara Timnas Jerman di Euro 2016

7upcash.net – Timnas Jerman memiliki beban berat pada perhelatan putaran final Euro 2016. Status juara dunia membuat mereka berada di posisi teratas, bersama Prancis, untuk merengkuh trofi jawara di akhir turnamen.

Tergolong berat, nyatanya armada Der Panzer mengaku optimis bisa meruntuhkan seluruh kekuatan Eropa di Prancis. Satu di antara alasan adalah komposisi pemain yang terbilang ideal. Hal itu berasal dari keputusan Pelatih Joachim Loew yang sepertinya tidak akan merombak terlalu banyak alumni Piala Dunia 2014.

Satu sosok kunci yang dianggap bakal menjadi motor Jerman adalah Mesut Ozil. Playmaker, yang juga berfungsi sebagai gelandang serang ini, punya syarat utama. Corak permainan pemain berdarah Turki ini sedang bagus sepanjang musim ini bersama Arsenal.

Menurut kiper Marc-Andre ter Stegen, kemampuan Ozil membuat Jerman seperti memiliki seorang Lionel Messi. “Ozil adala pemain yang memiliki banyak kejutan. Dia bisa melakukan apapun yang kadang tak terpikirkan di kepala kami. Dia jenius, dan fungsinya sama persis seperti Messi di Barcelona,” tuturnya, di Kicker.de, Kamis (17/3/2016).

Ter Stegen mengaku, keberadaan Ozil memberi Jerman banyak variasi aliran bola dari lini tengah. Artinya, sumber gol tak hanya berasal dari striker, melainkan juga deretan gelandang. Lebih dari itu, Ozil mampu memberikan banyak imajinasi.

“Ozil sangat penting bagi Jerman, dan sepertinya kami harus bekerja keras agar dia tak terisolasi. Saya akan membuktikan ucapan ini saat kami melakoni laga perdana,” tutur kiper Barcelona ini. Jerman bergabung di Grup C bersama Ukraina, Polandia dan Irlandia Utara.

Pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew mengaku gembira dengan kemampuan para gelandang yang sekarang dimilikinya, termasuk Ozil. “Saya berharap setiap pemain bisa memaksimalkan peran di klub, karena itu yang menjadi penilaianku. Siapapun yang menonjol, punya kans besar untuk terpilih,” beber Loew.

Musim ini, Ozil tampil brilian bersama Arsenal, meski secara klub hasil yang dicapai tak maksimal. Sampai akhir pekan lalu, Ozil tercatat sebagai pemain yang memiliki koleksi assist terbanyak, yakni 18. Ia unggul atas jagoan Leicester City, Riyad Mahrez (11) dan winger Manchester City, David Silva (10).

Pada gelaran Piala Eropa 2016, komposisi lini tengah Jerman sepertinya tak akan berubah drastis. Ozil akan memiliki teman sepadan, seperti Sami Khedira, Thomas Mueller, Ilkay Gundogan, Toni Kroos, Marco Reus dan Bastian Schweinteiger.

Tak hanya mereka, beberapa pemain muda di area tengah juga berkumpul. Sebut saja Julian Draxler (22), Andre Schurrle (25), Karim Bellarabi (25), Christoph Kramer (25) dan Patrick Hermann (25).