Search

Legenda Brasil Dituduh Doping Saat Menangkan Piala Dunia

Seorang mantan pemain Real Madrid dituduh menggunakan obat-obatan terlarang sebelum dan sesudah ia memenangkan trofi Piala Dunia bersama negaranya. Siapa?

Roberto Carlos dituduh menggunakan obat-obat untuk mendongkrak performanya di atas lapangan, ketika masih aktif bermain dahulu.

Tuduhan tersebut dirilis oleh publikasi asal Jerman, ARD, yang menyebutkan pesepak bola asal Brazil itu pasien langganan Dr Julio Cesar Alves.

Dokter tersebut pun dituduh melakukan tindakan yang tidak etis guna menaikkan prestasi atlet-atlet yang menjadi langganannya.

Bukan hanya itu, Dr Julio Cesar Alves pun memberikan zat doping kepada Roberto Carlos, sebulan setelah bek kiri itu membela tim nasional Brazil di Piala Dunia 2002 Korea-Jepang.

Dalam pengakuannya, Cesar Alves mengaku telah memberikan zat khusus kepada Carlos sejak masih berusia 15 tahun, agar otot pahanya makin kuat.

Ia pun mengaku menjelaskan bagaimana caranya bisa lolos dari tes doping dengan menyuruh para pasiennya untuk berhenti menggunakan obat yang diberikannya, 15 hari sebelum kompetisi.

Akan tetapi pria berusia 44 tahun itu kemudian menolak tuduhan tersebut dan mengaku tidak tahu menahu soal dokter tersebut.

“Saya dengan tegas menolak tuduhan tidak bertanggung jawab yang dibuat ARD dan memastikan bahwa saya tidak pernah mengambil keuntungan dari siapapun,” ujar Carlos pada Globoesporte.

“Laporan tersebut menyebutkan nama seorang dokter, yang tidak pernah saya jumpai sepanjang hidup saya dan para pengacara saya sudah bekerja untuk menyangkal tuduhan ini di pengadilan dan membawa kasus ini ke hadapan hakim.”

Ia pun menyebut bahwa dirinya sudah berulang kali lolos tes doping di sembilan klub yang pernah Carlos bela selama 20 tahun, dan menegaskan bahwa “saya akan dengan mudah terdeteksi menggunakan obat-obat terlarang.”

Selain Roberto Carlos, Samir Nasri pun pernah terganjal tuduhan doping setelah menjalani tes medis di salah satu klinik di Amerika Serikat, akhir tahun lalu.

Meski akhirnya kasus tersebut belum rampung diinvestigasi WADA, namun hubungan Nasri dengan kekasihnya hancur karena pesepak bola asal Perancis itu dituduh selingkuh dengan salah satu perawat di klinik itu.