Search

Kampanye Soal Matematika di Seragam Timnas Rumania Euro 2016

7upcash.net – Ada hal unik dalam seragam timnas Rumania. Jelang Piala Eropa 2016, timnas negara balkan itu memiliki hal unik untuk mempromosikan matematika terhadap anak-anak di negaranya.

Di bagian punggung seragam timnas Rumania terdapat nomor punggung yang menggunakan soal matematika. Ya, nomor punggung masing-masing pemain timnas Rumania itu merupakan jawaban dari soal matematika di punggung mereka.

Namun, soal matematika itu tak diletakkan dalam jersey untuk bertanding, melainkan seragam latihan.

Seperti dilansir dari situs resmi asosiasi sepak bola Rumania (FRF), hal itu merupakan sebuah inovasi untuk membantu anak-anak kecil di negara itu menyenangi matematika.

Hal itu merupakan gagasan bersama antara asosiasi sepak bola Rumania dengan perusahaan lokal Niculescu sebagai bagian dari panduan tambahan untuk program nasional sepak bola mendukung pendidikan.

Dalam situsnya, FRF menyatakan kampanye terebut bertujuan untuk mempertemukan antara pihak berwenang, guru, siswa, dan para pemain bola untuk memerangi masalah akan konsekuensi serius dari pendidikan anak yang terputus.

Di Rumania sendiri saat ini disebutkan ada kekhawatiran dari para guru dan orang tua mengenai ancaman anak-anak semakin sulit menyerap pendidikan formal.

Penyerang timnas Romania Claudiu Keseru mengatakan dirinya memiliki antusiasme yang tinggi untuk mendukung kampanye tersebut. Selain itu, sebuah video khusus kampanye pun akan diputar sebelum laga persahabatan antara Rumania dan Spanyol di Cluj Arena, Minggu (27/3) malam waktu setempat.

“Kami ingin memiliki generasi yang sehat dan siswa cerdas,” tukas Presiden FRF Razvan Burleanu seperti dikutip dari situs resminya.
“Melalui proyek kampanye ini, anak-anak akan belajar dasar-dasar sepak bola dan memiliki kesempatan untuk pertama kalinya di negara kita – untuk mengenal matematika melalui pendekatan yang menarik.”

Misalnya saja Keseru. Di bagian punggung seragamnya, di bawah namanya, terdapat nomor punggung 6 x 5 – 4 / 2. Berapakah nomor penyerang Ludogoretz Razgrad tersebut di timnas Rumania? Jawabnya adalah 13.

Soal matematika dalam seragam Rumania itu ini mengingatkan kepada polah Ivan Zamorano saat memperkuat Internazionale Milan.
e22bea71-e8db-4d6e-b4f1-7893e677b697_43
Legenda penyerang asal Chile itu menggunakan nomor punggung 1+8 yang bila dijumlahkan sama dengan sembilan.

Sembilan memang nomor favorit Zamorano, namun harus diberikan kepada Ronaldo yang baru dibeli Inter dari Barcelona pada 1997 silam. Zamorano memperkuat Inter kurun waktu 1996-2001 dan mencetak 25 gol dari 101 penampilannya bersama I Nerazzurri tersebut.