Search

Jadi Klub Penyetor Pemain ke Timnas Terbanyak, Juventus Terima Rp 2,16 Triliun Dari UEFA

UEFA membagikan 150 juta euro atau sekitar Rp 2,163 triliun kepada klub-klub yang menyetor pemainnya untuk membela tim nasional di kualifikasi dan putaran final Piala Eropa 2016.

Berdasar kesepakatan antara Federasi Sepak Bola Eropa dengan Asosiasi Klub Eropa (ECA), sebagian keuntungan dari penyelenggaraan Piala Eropa 2016 akan dibagikan ke klub-klub di Benua Biru yang pemainnya membela negaranya.

Klub-klub yang pemainnya membela putaran final akan mendapat 100 juta euro. Jumlah 50 juta euro sisanya dibagikan untuk klub-klub yang pemainnya bertanding di babak kualifikasi.

“Saya sangat senang bahwa kami bisa menyediakan keuntungan finansial bagi bannyak klub yang ikut berkontribusi untuk Piala Eropa 2016,” kata Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, kepada Reuters, Kamis (2/2/2017).

Klub akan dibayar sesuai jumlah pertandingan yang dibela pemainnya di babak kualifikasi.

Sedangkan untuk putaran final, hitungan pembayaran menjadi per hari dihitung dari 14 hari sebelum laga pertama hingga satu hari setelah laga pamungkas.

Jika dibedah, untuk pemain yang masuk daftar 23 pemain pertandingan di babak kualifikasi, klub akan mendapat bayaran 3.536 euro per laga.

Adapun untuk putaran final, jumlahnya berbeda tergantung reputasi klub. Kategori 1 mendapat pemasukan 7.321 euro per pemain per hari, lalu 4.821 euro (Kategori 2) dan 2.410 euro (Kategori 3).

Total ada 641 klub dari 54 negara anggota UEFA yang mendapat pembagian keuntungan dari Piala Eropa 2016.

“Merupakan hal penting dan adil untuk mengakui dan memberi penghargaan kepada klub yang melepas pemainnya (ke timnas),” kata Chairman ECA, Karl-Heinz Rummenigge.

“Saat saya masih menjadi pemain, kami tak membela timnas lebih dari 8 pertandingan internasional dalam semusim. Saat ini, bisa 15 kali,” ujar petinggi Bayern Muenchen dan mantan pemain timnas Jerman itu.

Juventus menjadi klub yang paling “diuntungkan” dari kesepakatan antara ECA dan UEFA. Klub raksasa asal Italia itu mendapat pemasukan 3,48 juta euro atau sekitar Rp 50,228 miliar.

Liverpool (3,39 juta euro) dan Tottenham Hotspur (3,07 juta euro), Manchester United (2,998 juta euro) berada di posisi kedua hingga keempat.

Adapun klub lain yang berada di posisi 10 besar adalah Arsenal, Southampton, Bayern Muenchen, Real Madrid, Barcelona, dan AS Roma.