Search

Iran, Wakil Pertama Dari Asia yang Lolos Piala Dunia 2018

Iran menjadi tim Asia yang paling dulu memastikan tempat pada putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.

Skuad asuhan Carlos Queiroz itu mengikuti langkah Brasil sebagai tim pertama yang lolos ke turnamen empat tahunan tersebut.

Kepastian itu menyusul kemenangan Iran atas Uzbekistan dengan skor 2-0 pada laga lanjutan Grup A babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Asia (AFC) di Stadion Azadi, Teheran, Senin (12/6/2017).

Dua gol Iran pada laga tersebut disumbangkan oleh Serdar Azmoun pada menit ke-23 dan Mehdi Taremi (88′).

Dengan kemenangan ini, Iran kini mengoleksi 20 poin. Tersisa dua laga, raihan tersebut sudah tidak mungkin terkejar dari peringkat ketiga, Uzbekistan, yang mengemas 12 poin.

Sementara itu, urutan kedua ditempati oleh Korea Selatan dengan 13 poin.

Adapun tim yang berada di peringkat pertama dan kedua pada klasemen akhir berhak lolos otomatis ke Piala Dunia 2018.

Tim yang menempati posisi ketiga mesti melewati fase play-off.

Pencapaian tersebut sekaligus menjadi kali kelima keikutsertaan Iranpada Piala Dunia. Sebelumnya, mereka juga lolos pada edisi 1978, 1998, 2006, dan 2014.

Merayakan kelolosan negaranya ke Piala Dunia 2018, rakyat Iran pun tumpah ruah di jalan-jalan ibu kota Teheran dan kota-kota besar lain di negeri asal pemimpin revolusi terkenal, Ruhollah Khomeini, tersebut.

Selain itu, prestasi timnas Iran ini turut diapresiasi oleh sang Presiden, Hassan Rouhani, lewat akun Twitter dan Instagramnya.

” Iran berbahagia. Carlos Queiroz, para staf, dan semua pemain menandai kesuksesan ini. Harapan terbaik dari kami untuk timnas Iranpada Piala Dunia 2018,” begitu yang dituliskannya.