Search

Ini Lima Kandidat Pengganti Conte di Timnas Italia

7upcash.net –¬†Antonio Conte telah dipastikan mundur dari pelatih Timnas Italia usai Piala Eropa 2016. Hal ini sudah dikonfirmasi oleh Presiden Federasi Sepakbola Italia (FIGC), Carlo Tavecchio.

Keputusan ini diyakini tak lepas dari ketertarikan Chelsea untuk mendatangkan Conte. The Blues memang sedang mencari manajer musim depan, untuk menggantikan posisi Guus Hiddink yang berstatus manajer interim.

Kini muncul pertanyaan, siapakah yang akan menggantikan posisi Conte di kursi panas Gli Azzurri? Berikut 5 kandidat pengganti Conte, seperti dilansir Football Italia:

1. Roberto Donadoni

Donadoni masuk kandidat, karena dia punya pengalaman melatih Italia di masa silam. Pelatih 52 tahun ini menukangi Gli Azzurri pada 2006-2008, menggantikan posisi Marcelo Lippi.

774d0816-cbc8-4531-832f-f03814f52cf9

Diwarisi skuad yang baru saja menjuarai Piala Dunia 2006, Donadoni membawa Italia lolos ke Piala Eropa 2008. Namun, Italia tampil kurang meyakinkan di putaran final yang berlangsung di Swiss-Austria.

Italia kalah 0-3 dari Belanda di laga perdana di penyisihan grup. Namun, mereka tetap lolos, usai bermain imbang 1-1 dengan Rumania dan mengalahkan Prancis 2-0. Langkah Italia akhirnya terhenti di perempat final, usai kalah adu penalti dengan skor 4-2, oleh Spanyol.

Kinerja Donadoni dianggap tak memuaskan saat itu, dan akhirnya dipecat. Namun, dia diyakini masih punya sentuhan emas, karena mampu membawa Bologna tampil apik musim ini.

Bologna dibawa Donadoni bertengger di papan tengah Serie A, meski baru berstatus tim promosi. I Rossoblu menempati posisi 9 dengan raihan 36 poin.

2. Claudio Ranieri

Kandidat kuat lainnya adalah Claudio Ranieri. Ini tak lepas dari keberhasilan The Tinkerman membawa Leicester City menjadi tim yang paling berpeluang menjuarai Premier League musim ini.

Ini Lima Kandidat Pengganti Conte di Timnas Italia

Kesuksesan ini bisa dibilang luar biasa. Apalagi, di awal musim sama sekali tak ada yang mengunggulkan The Foxes.

Faktanya, Leicester kini bertengger di puncak klasemen dengan 63 poin dari 30 pertandingan. Jamie Vardy dan kawan-kawan sudah unggul 5 poin dari pesaing terdekat, Tottenham Hotspur, saat liga tinggal menyisakan 8 pertandingan.

Sayangnya, Ranieri malah pernah mengatakan tak tertarik untuk melatih Italia. “Saya kebanyakan (menjadi) pelatih klub dari daripada menjadi pelatih tim nasional,” ujar Ranieri dilansir Corriere dello Sport.

“Saya punya kontrak 3 tahun dengan Leicester dan hanya berkonsentrasi untuk ini. Kemudian, tidak akan pernah (jadi pelatih Timnas Italia),” imbuhnya.

3. Giampiero Ventura

Selanjutnya, ada nama pelatih Torino, Giampiero Ventura. Pelatih 68 tahun ini punya banyak pengalaman melatih tim-tim asal Italia. Pengalamannya diharapkan bisa berguna untuk Italia.
Giampiero-Ventura-Torino-foto-tratta-da-internet

Ventura pernah melatih Napoli, Lecce, Udinese, Cagliari, Sampdoria, dan juga Hellas Verona. Sejak 2011 hingga sekarang, dia bertahan sebagai pelatih Torino.

Ventura mampu menemukan banyak permain berbakat di Torino, dari mulai Angelo Ogbonna, Kamil Glik, dan Matteo Darmian. Itu bisa berguna jika dia benar-benar melatih Italia.

4. Francesco Guidolin

Nama lain yang masuk kandidat adalah manajer Swansea City, Francesco Guidolin. Sama seperti Ventura, pelatih 60 tahun ini juga punya segudang pengalaman bersama tim-tim asal Italia.

MGngRNnbuHoiqTJH4xMDoxOjBzMTt2bJ

Guidolin pernah melatih Atalanta, Udinese, Bologna, Palermo, Genoa, Parma, dan Udinese. Prestasi Guidolin bersama Swansea musim ini juga tak terlalu mengecewakan.

5. Walter Mazzarri

Selanjutnya ada Walter Mazzarri. Timnas Italia berpeluang besar menggaet Mazzarri karena saat ini pelatih ini masih berstatus pengangguran.
Udinese+Calcio+v+SSC+Napoli+Serie+ivpFSl9S4XBl

Soal pengalaman, Mazzarri pernah menukangi Sampdoria, Napoli, dan Inter Milan. Pelatih 54 tahun ini pernah mengantarkan Partenopei menjuarai Coppa Italia 2011-12 dan runner-up Serie A 2012-13. (ase)