Search

Fracas, Bola Untuk Final Euro 2016 Ciptaan Adidas

7upcash.net – Bola untuk laga final Euro 2016 ciptaan Adidas sudah diumumkan, bernama Fracas. Kehadiran bola ini menciptakan sejarah baru, karena untuk pertama kalinya di sebuah Euro, akan ada dua bola resmiyang dipakai. Sebelumnya ada Adidas Beau Jeu yang dipakai untuk babak penyisihan grup. Sementara Fracas digunakan sejak babak sistem gugur hingga final pada 11 Juli mendatang.

Bola Fracas ini memiliki warna unik, dengan didominasi warna merah-hitam, tetapi tetap melibatkan unsur warna Prancis (merah-putih-biru). Selain itu, terdapat angka 2, 0, 1, dan 6 yang terpisah untuk membentuk tahun 2016, tahun bola ini digunakan untuk gelaran sekelas Piala Eropa.

Penamaan Fracas sendiri melibatkan para pakar di bidang musik, budaya urban, dan fashion. Bola ini didesain untuk menampilkan ‘ketidakpastian’ dan drama yang bakal muncul di babak sistem gugur.

Sam Handy, wakil presiden desain Adidas menyebut, “”Untuk Fracas, kami ingin ebih berani dengan arahan desain dan menciptakan sesuatu yang melibatkan emosi yang dirasakan pada tahap lanjut (babak sistem gugur) dari sebuah turnamen sepakbola. Fracas merepresentasikan kebisingan penonton dan antusiasme sang pemenang yang ditampilkan ketika berlaga di lapangan.”

Sebelum ini, bola resmi untuk Euro 2016 adalah Adidas Beau Jeu. Bola ini digunakan selama babak penyisihan grup. Beau Jeu sendiri bermakna ‘Permainan Indah’. Namun bola Beau Jeu sempat memancing kontroversi. Pasalnya, dalam laga Swiss kontra Prancis di laga terakhir Grup A, ada kejadian antik. Dalam duel antara Antoine Griezmann dengan Valon Behrami, bola itu kempes.