Search

Euro 2016 Grup F, Profil Timnas Islandia di Piala Eropa 2016

7upcash.net – Tim nasional (timnas) Islandia merupakan salah satu tim yang paling disorot selama babak kualifikasi Piala Eropa 2016. Pasalnya, tim asuhan Lars Lagerback dan Heimir Hallgrimsson berhasil memberi kejutan dengan menyulitkan tim besar sekelas Belanda, Republik Ceko, dan Turki.

Perjalanan Islandia menuju Piala Eropa 2016 merupakan torehan yang luar biasa bagi sejarah sepak bola mereka. Tercatat Islandia belum pernah lolos ke putaran final Piala Eropa sejak 1960 atas selama 56 tahun lamanya.

Salah satu yang mengagumkan adalah keberhasilan mereka menjadi runners up grup di fase kualifikasi. Padahal Islandia merupakan salah satu tim yang bermaterikan pemain-pemain non bintang. Belanda, Turki, dan Rep. Ceko, merupakan tiga tim yang pernah ditaklukkan oleh Islandia

Turki dihajar tiga gol tanpa balas pada pertemuan pertama di kualifikasi Piala Eropa. Kemudian dua gol Gylfi Sigurdsson berhasil membungkam Belanda. Islandia sempat takluk dari Rep. Ceko di pertemuan pertama, tapi berhasil membalasnya di leg kedua dengan skor 2-1.

Bila ditilik dari sejarah, pencapaian Islandia yang lolos ke Piala Eropa 2016 kali ini merupakan prestasi tertinggi mereka. Sebelumnya mereka belum pernah lolos ke putaran final Piala Eropa dan Piala Dunia sama sekali.

Skuad sementara

Nama				Posisi		Klub		Usia

Hannes Halldorsson		Kiper		Bodo/Glimt	32
Ogmundur Kristinsson		Kiper		Hammarby IF	26
Ingvar Jonsson			Kiper		Sandefjord	26

Birkir Sævarsson		Bek		Hammarby IF	31
Ragnar Sigurdsson		Bek		Krasnodar	29
Kari Arnason			Bek		Malmo FF	33
Ari Fryr Skulason		Bek		OB		29
Haukur Heidar Hauksson		Bek		AIK		24
Sverrir Ingi Ingason		Bek		Lokeren		22
Hordur Bjorgvin Magnusson	Bek		Cesena		23
Hjortur Hermannsson		Bek		IFK Goteborg	21

Aron Gunnarsson			Gelandang	Cardiff City	27
Emil Hallfredsson		Gelandang	Udinese		31
Birkir Bjarnason		Gelandang	Basel		28
Johann Berg Gudmundsson		Gelandang	Charlton Athletic 25
Gylfi Sigurdsson		Gelandang	Swansea City	26
Theodor Elmar Bjarnason		Gelandang	AGF		29
Runar Mar Sigurjonsson		Gelandang	GIF Sundsvall	25
Arnor Ingvi Traustason		Gelandang	IFK Norrkoping	23

Eidur Gudjohnsen		Penyerang	Molde FK	37
Kolbeinn Sigporsson		Penyerang	Nantes		26
Alfred Finnbogason		Penyerang	FC Augsburg	27
Jon Dadi Bodvarsson		Penyerang	FC Kaiserslautern 24

Pelatih Lars Lagerback dan Heimir Hallgrimsson

Islandia menjadi tim yang menggunakan dua pelatih utama selama gelaran Piala Eropa 2016. Mereka awalnya menunjuk Lars Lagerback pada 4 Oktober 2011. Ia ditemani oleh Heimir Hallgrimsson yang berperan sebagai asisten pelatih hingga 2013.

Lars Lagerback sudah malang melintang melatih di beberapa tim sejak 1977. Pelatih berusia 67 tahun itu terjun ke timnas Swedia pada 1990 ketika menangani Swedia U-21. Pada 1998 ia kemudian ditunjuk untuk menjadi asisten pelatih timnas Swedia sebelum akhirnya diangkat menjadi pelatih kepala pada 2000. Ia sempat melatih timnas Nigeria pada 2010 sebelum akhirnya bergabung ke Islandia pada 2011.

Heimir Hallgrimsson kemudian dipilih untuk meneruskan posisi Lars Lagerback yang kabarnya akan pensiun. Heimir Hallgrimsson mengawali karier kepelatihannya pada 1993 bersama tim sepak bola putri Hottur. Ia kemudian pindah ke tim sepak bola putri IBV pada 1999. Pada 2011 Heimir Hallgrimsson kemudian diberi tugas untuk menjadi asisten dari Lars Lagerback.

Meski pengalaman Heimir Hallgrimsson masih minim, ia berhasil menunjukkan progres yang sangat baik. Ia mampu membawa Islandia lolos ke putaran final meski tergabung di dalam grup yang tidak mudah bersama Republik Ceko, Belanda, Turki, Kazakhstan, dan Latvia.

Islandia secara mengejutkan sukses finis di posisi kedua grup A dengan koleksi 20 poin. Mereka terpaut dua poin dari Rep. Ceko yang keluar sebagai juara grup A. Prestasi Islandia di fase kualifikasi adalah sukses menaklukkan Rep. Ceko, Turki, dan Belanda, yang lebih diunggulkan dari mereka.

Mampukah Islandia memberikan kejutan di putaran final Piala Eropa 2016 di Prancis?