Search

Euro 2016 Ajang Pembuktikan Generasi Terbaik Kroasia

7upcash.net –┬áTimnas Kroasia siap bersaing di Piala Eropa tahun ini dengan memiliki harapan yang sangat tinggi. Mereka berada di grup D bersaing dengan Republik Ceko, Spanyol, dan Turki.

Karena dihuni para pemain bertalenta yang tersebar di klub-klub besar Eropa membuat timnas Kroasia angkatan Luca Modric dan kawan-kawan ini disebut-sebut sebagai generasi terbaik.

Pemain belakang veteran Kroasia yang juga kapten tim, Darijo Srna menyatakan tim Kroasia saat ini adalah timnas terbaik yang pernah ada di Kroasia. Materi pemain yang dimiliki sudah tidak diragukan lagi, tingga menunggu pembuktian di pentas Piala Eropa yang dimulai 10 Juni mendatang.

“Ini adalah tim terbaik dalam sejarah Kroasia. Saya tidak bermaksud meremehkan generasi yang lainnya tapi jika kita melijat pada kualitas pemain di tim ini, nama-nama klub yang mereka perkuat, para pemain ini berperan sangat penting di klub-klubnya. Saya yakin, tak ada manajer Kroasia yang merasakan situasi lebih baik dari sekarang dalam persiapan tim,” kata Srna yang merupakan bek Shakhtar Donetsk itu.

“Tentu saja, sekarang kami perlu membuktika itu di lapangan,” kata pemain paling tua di antara generasi pemain timnas Korea yang namanya dipanggil timnas jelang Piala Eropa di Prancis itu.

Bagi Srna, Piala Eropa tahun ini bisa menjadi turnamen besar terakhir yang diikutinya. Dia melihat pemain timnas Kroasia juga memiliki perbedaan usia pemain yang variatif. Dari Ante Coric hingga Srna, perbedaan usianya sampai 15 tahun.

Meski paling tua, Srna merasa tubuhnya masih kuat dan siap menghadapi tantangan terberat. Dia merasa waktu akan mengungkap ketangguhan dari generasi baru Kroasia.

Kroasia sudah menorehkan kejutan di panggung sepak bola dunia antara tahun 1940 dan 1944 sebelum mereka menjadi bagian dari Yugoslavia.

Setelah era komunis runtuh, Kroasia bergabung UEFA dan FIFA pada tahun 1993.

Hanya berselang tiga tahun kemudian, para pemain sepak bolaKroasia membuat debut di turnamen internasional mereka di Piala Eropa 1996 dan dalam periode dua tahun mereka mampu mengejutkan dunia sepakbola dengan menempati peringkat ketiga di Piala Dunia 1998 yang digelar di Prancis.

Davor Suker, mantan pemain yang sekarang menjadi presiden federasi sepak bola Kroasia berhasil menjadi pencetak gol terbanyak turnamen.

Ada harapan yang tinggi untuk Piala Eropa 2016 ini. Didukung oleh pendukung fanatik, mereka optimistis bisa membuat prestasi besar di Piala Eropa.

Timnas ini memiliki pasangan pemain Real Madrid Luka Modricdan Mateo Kovacic, ada pemain tim juara La Liga, Barcelona; Ivan Rakitic dan pasangan pemain Inter Milan, Ivan Perisic dan Marcelo Brozovic. Mereka adalah pemain-pemain top Kroasia.

Meskipun harus diakui, negara itu masih mengalami masalah dengan gangguan oleh penggemar sepak bola yang kerap membuat kekerasan dan hooliganisme selama bertahun-tahun.