Search

Copa America Centenario Diprediksi Lebih Baik Daripada Euro 2016

7upcash.net – Pelatih Timnas Amerika Serikat Jurgen Klinsmann mengklaim bahwa kualitas Copa America Centenario lebih baik dibandingkan dengan Piala Eropa (Euro) 2016. Pelaksanaan kedua turnamen itu sempat mengambil waktu bersamaan.

Copa America Centenario yang digelar di AS berlangsung pada 3-26 Juni, sedangkan Euro 2016 yang berlangsung di Prancis dijadwalkan pada 10 Juni hingga 10 Juli. Dengan demikian, terdapat irisan waktu bersamaan pada 10-26 Juni.

Menurut Klinmann, mantan striker Timnas Jerman Barat dan Jerman, Euro 2016 telah ‘terdilusi’ akibat banyaknya peserta yang mencapai 24 kontestan dengan muncul tim debutan yang sebelumnya tak pernah masuk hitungan dalam peta sepak bola dunia seperti Albania dan Islandia.

Klinsmann mengatakan Copa America lebih ‘superior’ daripada Euro 2016. “Kalau anda bandingkan 16 negara di Copa America dengan 24 negara di Euro, maka Copa America lebih berkualitas karena di Euro terlalu banyak variasi level kekuatan akibat penambahan peserta dari 16 ke 24 tim.”

“Saya pikir 16 tim di Copa America Centenario, dengan enam tim dari Concacaf, mereka sangat bagus, sangat kuat, dan jelas semua tim dari Amerika Selatan (Conmebol) tidak diragukan kekuatannya,” kata Klinsmann, yang ketika bermain sebagai ujung tombak membawa Jerman Barat juara Piala Dunia 1990 dan Jerman (setelah Jerman Timur bergabung) juara Piala Eropa 1996.

Tuan rumah AS berada di Grup A dalam Copa America Centenario bersama Kolombia, Kosta Rika, Paraguay. AS akan memulai perjuangannya dengan melawan Kolombia 3 Juni, lalu versus Kosta Rika pada 7 Juni, dan laga terakhir fase grup kontra Paraguay pada 11 Juni.

Copa America sejatinya merupakan turnamen antarnegara yang bernaung di bawah Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol). Tapi khusus dalam rangka memperingati 100 tahun digelarnya tunamen tersebut—dimulai pada 1916—, Conmebol mengajak Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia (Concacaf) untuk ikut serta di edisi tahun ini.

Terdapat enam negara Concacaf yang terlibat dalam Copa America Centenario yakni tuan rumah AS, Meksiko, Kosta Rika, Jamaika, Panama, dan Haiti. Adapun 10 negara anggota Conmebol meliputi Argentina, Bolivia, Brasil, Chile, Ekuador, Kolombia, Paraguay, Peru, Uruguay, dan Venezuela.

Uruguay merupakan juara Copa America terbanyak yakni 15 kali, satu lebih banyak ketimbang Argentina. Brasil juara delapan kali, Paraguay dan Peru masing-masing dua kali, serta Chile, Kolombia, dan Bolivia masing-masing satu kali.