Search

Bursa Transfer Pemain Sepakbola Termahal Dunia Dikuasai Pemain-Pemain Muda

Bintang-bintang muda, di bawah usia 23 (U-23), masih mendominasi bursa transfer pemain sepak bola termahal sedunia.

Uniknya dalam daftar lima termahal sementara ini masih dikuasai pemain yang merumput di Portugal musim lalu.

Di urutan pertama adalah winger Portugal yang menjadi motor serangan AS Monaco musim lalu, Bernardo Silva. Gelandang berusia 22 itu dibeli ManCity dari Monaco dengan harga total 50 juta euro (Rp741,9 miliar).

Jumlah itu lebih mahal dibandingkan harga pasar yang diprediksi untuk jebolan akademi Benfica tersebut sebesar 40 juta euro. Kehadiran Silva makin mempersulit persaingan di lini sayap ManCity. Pasalnya, City sudah memiliki Raheem Sterling, Leroy Sane, Jesus Navas, dan Nolito.

Dua nama terakhir kalah bersaing dengan dua nama sebelumnya. Navas sendiri akhirnya menjalani transformasi posisi pada paruh kedua musim lalu, dari seorang winger menyerang jadi bek sayap. Sementara itu Nolito, belakangan santer terdengar akan kembali ke La Liga dan Sevilla yang menjadi tujuannya.

Pemain termahal kedua sepanjang bursa transfer ini adalah gelandang sentral Perancis yang direktur Bayern Munich dari Olympique Lyon, Corentin Tolisso. Gelandang sentral berusia 22 dan bertinggi 181 cm itu bisa juga dimainkan sebagai gelandang bertahan maupun bek.

Tolisso dibeli dari Lyon dengan harga 41,5 juta euro. Nilai Tolisso itu berlipat dua kali dibandingkan prediksi nilai pasar sebesar 22 juta euro.

Di Munich, Tolisso akan menghadapi persaingan ketat untuk memincut pelatih Carlo Ancelotti. Pasalnya raksasa Bundesliga itu sudah memiliki Thiago Alcantra, Arturo Vidal, Renato Sanches, dan Joshua Kimmich di pos gelandang sentral.

Paling masuk akal bagi mantan kapten timnas Perancis U21 itu adalah mematenkan kemampuan bermainnya sebagai gelandang bertahan. Pasalnya untuk pos ini, Munich baru kehilangan Xabi Alonso yang telah memutuskan gantung sepatu saat musim lalu berakhir.

Pemain termahal ketiga dalam bursa transfer adalah Ederson. Kiper Brasil berusia 23 itu direkrut Manchester City dari Benfica dengan harga 40 juta euro. Agak mengejutkan alasan ManCity merekrut pemain bintang di pos kiper. Pasalnya, klub yang diasuh Pep Guardiola itu telah memiliki Claudio Bravo dan Willy Caballero. Dan, juga Joe Hart yang kembali dari masa pinjaman ke klub Italia, Torino.

Namun, harga Ederson yang kini mengalahkan Gianluigi Buffon sebagai kiper termahal dunia itu diyakini bakal tampil sebagai kiper utama. Pasalnya Ederson adalah kiper utama di balik kesuksesan Benfica dalam dua musim terakhir.

Selanjutnya di pos keempat pemain termahal adalah penyerang muda Portugal yang dibeli AC Milan dari FC Porto, Andre Silva. Penyerang berusia 21 itu direkrut dengan harga 38 juta euro.

Silva adalah pemain keempat yang direkrut manajemen baru AC Milan. Sebelumnya klub yang kini dimiliki taipan China itu telah mendatangkan Mateo Musacchio, Ricardo Rodriguez, dan Franck Kessie.

Di Milan, Silva yang memiliki pos sebagai penyerang sentral bakal bersaing dengan pemain yang lebih senior yakni Carlos Bacca (30) dan Gianluca Lapadula (27). Silva memiliki bekal sebagai penyerang haus gol dalam kedatangannya ke Milan. Musim lalu, ia total mencetak 21 gol dan 8 assist dari 44 penampilannya bersama Benfica termasuk di kualifikasi Liga Champions hingga putaran grup.

Dan, pemain yang masuk lima besar pesepak bola termahal sepanjang sejarah bursa transfer ini adalah Victor Lindelof. Bek sentral yang kaya kemampuan mengolah bola asal Swedia ini direkrut Manchester United dari Benfica dengan harga 35,34 juta euro.

Di MU, kehadiran pria berusia 22 itu akan menambah tameng lini pertahanan MU di bawah asuhan Jose Mourinho. Apalagi, setelah berhasil memberikan trofi Liga Europa dan Piala Liga musim lalu, musim ini Mou menargetkan Liga Champions dan Liga Inggris.

Berikut adalah daftar 10 besar pemain termahal dalam bursa transfer musim panas hingga saat ini.

1. Bernardo Silva (22) Monaco ke ManCity (50 juta euro)
2. Corentin Tolisso (22) Lyon ke Munich (41,5 juta euro)
3. Ederson (23) Benfica ke ManCity (40 juta euro)
4. Andre Silva (21) FC Porto ke AC Milan (38 juta euro)
5. Victor Lindelof (22) Benfica ke MU (35,34 juta euro)
6. Jordan Pickford (23) Sunderland ke Everton (28,5juta euro)
7. Davy Klassen (24) Ajax Amsterdam ke Everton (27 juta euro)
8. Youri Tielemans (20) Anderlecht ke Monaco (25 juta euro)
9. Kingsley Coman (21) Juventus ke Bayern Munich (kontrak permanen dengan mahar 21 juta euro).
10. Juan Cuadrado (29) Chelsea ke Juventus (kontrak permanen dengan mahar 20 juta euro).