Search

Barca Petik Hasil Imbang di Markas Betis

785f274d-ad5f-4263-8b9e-351c4aa06934_169

Barcelona harus puas dengan hasil imbang 1-1 kala bertandang ke Real Betis. Direpotkan pressing agresif Betis, Barca juga dirugikan keputusan kontroversial.

Bertandang ke Estadio Benito Villamarin, Minggu (29/1/2017) malam WIB, Barca direpotkan permainan agresif Betis sepanjang laga. Blaugrana cukup kerepotan mengembangkan permainan dengan tekel-tekel tim tuan rumah.

Whoscored mencatat Betis melancarkan 38 tekel dengan 23 yang sukses. Mereka juga mencatatkan lebih banyak upaya, dengan 17 percobaan, tujuh tepat sasaran, dan dua membentur mistar/tiang.

Barca punya 10 percobaan dengan empat di antaranya tepat target. Satu upaya Barca bahkan sebenarnya menjadi gol, tak lama setelah Betis membuka skor. Tapi wasit tak mengesahkannya karena menilai bola disapu sebelum melewati garis gawang.

Betis unggul lebih dulu di menit ke-75 melalui sepakan jarak dekat Alex Alegria. Barca baru membalas di menit ke-90 lewat sepakan Luis Suarez.

Dengan hasil imbang ini, Barca gagal memberikan tekanan besar untuk Real Madrid di puncak klasemen. Mereka sementara ada di posisi dua dengan nilai 42 dari 20 pekan, satu poin di belakang Madrid yang baru bermain 18 kali. Betis sementara itu ada di peringkat 13 dengan 23 poin.

Jalannya Pertandingan

Di awal laga, Barca langsung mendapatkan ancaman dari sepakan jarak jauh Dani Ceballos. Bola mengarah ke gawang, namun Marc-Andre ter Stegen bisa mengantisipasinya dengan relatif mudah.

Barca balas mengancam di menit keenam, kala umpan silang Aleix Vidal disambut Luis Suarez. Bola berakhir melebar ke kanan gawang.

Betis kembali melancarkan percobaan di menit ke-11. Menerima umpan Cristiano Puccini, sepakan Ruben Castro malah tepat ke arah kiper.

Betis terus merepotkan Barca dengan pressing mereka. Sebuah peluang dicatatkan di menit ke-19 melalui sepakan Ceballos dari luar kotak penalti yang dihalau oleh Ter Stegen.

Tak lama berselang, Riza Durmisi mendapatkan peluang untuk Betis. Namun kansnya melayang setelah sepakannya cuma melambung sedikit di atas gawang.

Eksekusi tendangan bebas Neymar di menit ke-26 masih jauh dari sasaran. Sementara Betis justru kembali membahayakan gawang Barca, dengan sepakan Ruben Castro cuma melesat tipis di samping kiri.

Barca menyia-nyiakan sebuah peluang apik di menit ke-37. Dalam sebuah serangan cepat, Messi melepaskan umpan terobosan dari tengah ke Neymar di sisi kiri. Dalam posisi bebas, sepakan Neymar terbaca Antonio Adan dan diblok.

Sampai babak pertama berakhir, tak ada gol tercipta.

Barca membangun serangan apik di sisi kanan pada menit ke-52. Messi mengirim umpan terobosan ke Vidal di sisi kanan dan diakhiri sepakan, tapi bola masih tipis di sisi kanan gawang.

Betis merespons dengan sepakan Alex Alegria di menit ke-56, upayanya ditepis Ter Stegen. Percobaan berikutnya Alegria empat menit kemudian masih melambung.

Betis nyaris saja unggul di menit ke-71. Ceballos melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti yang menaklukkan Ter Stegen, tapi tak berbuah gol karena membentur mistar gawang.

Tiga menit kemudian, Betis juga gagal memetik keunggulan. Sepakan Castro cuma menghantam tiang gawang.

Di menit ke-75, Betis akhirnya benar-benar unggul. Dari sepak pojok, Ter Stegen gagal meninju bola sementara Ryan Donk sukses menanduknya ke arah Alegria. Dari jarak dekat, Alegria menceploskan bola ke dalam gawang.

Hanya dua menit berselang, Barca balas mengancam. Dari umpan silang Vidal di kanan, Andre Gomes memenangi perebutan bola dan menyonteknya ke pojok kiri bawah gawang.

Bola masuk ke gawang sebelum kemudian disapu Aissa Mandi. Tapi wasit tak menganggapnya gol. Tayangan ulang menunjukkan bola sudah melewati garis gawang.

Semenit kemudian, skema serupa membuahkan peluang lain untuk Barca. Umpan silang Vidal coba disapu German Pezzella, tapi justru membuat bola mengarah ke gawang sendiri. Saat itu Mandi kembali menyapu bola, kali ini tepat di garis gawang.

Betis mendapatkan kesempatan bagus untuk menambah gol di menit ke-81. Castro lolos dari jebakan offside dan menerima umpan Pezzella untuk menghadapi Ter Stegen. Dia gagal memaksimalkannya, tendangannya terhalau.

Barca kian agresif menekan Betis. Sepakan Neymar di menit ke-87 cuma tepat ke arah Adan.

Tiga menit kemudian, Barca menyamakan skor. Messi melepaskan umpan terobosan ke Suarez, yang dituntaskan dengan sepakan mendatar ke pojok kanan bawah gawang.

Tak ada lagi gol di sisa waktu, meski Barca mengurung Betis.

Susunan pemain:

Real Betis: Adan; Pezzella, Mandi, Tosca; Piccini, Petros (Navarro 86′), Pardo (Donk 69′), Ceballos, Durmisi; Alegria (Nahuel 85′), Castro

Barcelona: Ter Stegen; Vidal, Pique, Mathieu, Digne (Alba 68′); Denis (Gomes 59′), Rakitic, Arda (Roberto 68′); Messi, Suarez, Neymar