Search

557 Suporter Telah Ditangkap Sepangjang Perhelatan Euro 2016

7upcash.net – Kepolisian Perancis sudah menangkap 557 suporter sepanjang Piala Eropa 2016 hingga Senin (20/6). Sebanyak 21 suporter sudah mendapat vonis penjara dari pengadilan Perancis. Hal tersebut diungkapkan Menteri Dalam Negeri Perancis, Bernard Cazeneuve. Seperti dikutip dari ABC News, Cazeneuve mengatakan dari 557 suporter yang sudah ditangkap, 344 suporter di antaranya berada di tahanan dengan beberapa sudah menerima vonis tanpa pengadilan.

Kerusuhan terbesar selama Piala Eropa 2016 terjadi di Marseille pada hari pertama turnamen, 10 Juni lalu, ketika suporter timnas Inggris dan Rusia berkelahi. Cazeneuve mengatakan, terlepas dari insiden di Marseille, kepolisian Perancis mampu mengatasi kericuhan lainnya.

“Langkah-langkah telah diambil secepat mungkin setelah pertandingan bekerjasama dengan UEFA,” ujar Cazeneuve.

Total ada 21 suporter yang sudah masuk penjara, dengan enam di antaranya mendapat penundaan vonis penjara. Sementara 25 suporter lainnya telah dideportasi.

Cazeneuve mengatakan pemerintah Perancis mengerahkan lebih dari 70 ribu anggota polisi dan petugas keamanan untuk menjaga keamanan Piala Eropa 2016 yang berlangsung 10 Juni hingga 10 Juli tersebut.

Meski fokus mengamankan jalannya turnamen, Cazeneuve mengatakan pihaknya tetap memprioritaskan mengantisipasi ancaman teroris.

“Kami ingin turnamen berjalan dalam kondisi terbaik. Dalam situasi seperti ini, bukan artinya tidak ada risiko,” ucap Cazeneuve.